Kamis, 10 Maret 2011

Jagung dan Diversifikasi Produk Olahannya (Pengantar dan Prakata)


KATA PENGANTAR
            Syukur Alhamdulillah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena diberi kesehatan dan kemampuan untuk terus berkarya. Saya memberikan apresiasi kepada penulis atas kerja kerasnya secara konsisten melakukan penelitian dengan berbasis pada jagung yang tertuang dalam buku berjudul ”Jagung dan Diversifikasi Produk Olahannya”.
            Kebijakan iptek pangan pokok bersama dengan kebijakan makro lainnya pada masa lalu telah menyebabkan terjadinya perubahan dan pergeseran kebiasaan pangan (food habit) sebagian besar penduduk Indonesia; yang cenderung tergantung pada beras. Kondisi ketergantungan pada beras ini telah menyebabkan memudarnya atau bahkan hilangnya kondisi pluralisme dalam food habit dan pluralisme dalam diversifikasi pangan pokok. Diversifikasi pangan merupakan elemen penting dalam pengembangan ketahanan pangan. Program diversifikasi pangan akan dapat berjalan secara berkelanjutan melalui dukungan berbagai pihak, baik masyarakat umum, akademisi, pengusaha, maupun instansi-instansi pemerintah dan swasta. Keberhasilan program ini secara langsung dapat memperbaiki ketahanan pangan daerah melalui pemanfaatan komoditi unggulan lokal. Salah satu komoditi yang cukup berperan sebagai komoditi unggulan yaitu jagung.
            Telah banyak dilakukan penelitian tentang jagung ditinjau dari berbagai aspek. Produk-produk baru sebagai hasil dari penelitian berbasis jagung, baik sebagai produk akhir maupun produk antara, telah pula dipublikasikan. Namun yang terutama sesungguhnya adalah bagaimana hasil-hasil penelitian tersebut dapat diaplikasikan oleh masyarakat luas sehingga tujuan dari program diversifikasi pangan, dalam hal ini diversifikasi pangan berbasis jagung, dapat tercapai.
            Akhir kata semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua khalayak dan instansi yang terkait.

Makassar, Januari 2008
Prof. Dr. H. Abd. Rauf Patong
Ketua Lembaga Penelitian Universitas Hasanuddin
______________________



PRAKATA
            Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT karena atas karuniaNya kami dapat menyelesaikan buku berjudul ” Jagung dan Diversifikasi Produk Olahan”. Dalam buku ini diulas mengenai jagung dan keistimewaannya, berbagai teknik pengolahan jagung, makanan-makanan khas berbahan baku jagung, serta beberapa produk hasil olahan jagung yang merupakan hasil penelitian yang mendukung program diversifikasi pangan.
Buku ini ditujukan untuk masyarakat yang ingin mengetahui tentang produk-produk olahan jagung secara tradisional maupun modern yang merupakan hasil penelitian unggulan di laboratorium. Selain itu diharapkan pula bahwa buku ini dapat memberi masukan yang bermanfaat bagi masyarakat yang berminat untuk mengembangkan produk-produk tersebut.
Kami menyampaikan terima kasih kepada DP2M-Ditjen-DIKTI-Depdiknas yang telah membiayai penerbitan buku ini melalui proyek Hibah Pusat Kajian Makanan Tradisional (PKMT) Tahun Anggaran 2007 Nomor: 096.D/PKMT/DP2M/IV/2007, kepada Prof. Dr. H. Abdul Rauf Patong yang telah menuliskan kata pengantar untuk buku ini dan Dr. Ir.  Amran Laga, MS yang telah mengedit buku ini.  Demikian juga kepada, Prof. Dr. Ir. Herry Sonjaya, DEA selaku Kepala Pusat Kegiatan Penelitian (PKP) Unhas dan Prof. Dr. dr. Nurpuji Astuti D., MPH selaku Kepala Pusat Penelitian Pangan, Gizi dan Kesehatan (PPGK) Unhas. Selain itu terima kasih disampaikan pula kepada Nurasia Sanusi, S.TP, Adriyani Yaman, S.TP, Nur Amaliah, S.TP, ibu Fatmawati, SKM, ibu Waode Mariyati serta para mahasiswa yang terlibat sebagai tim peneliti jagung dari Program Studi THP Unhas yang telah membantu pengadaan pustaka, mengolah dan mendokumentasikan beberapa resep makanan. Terimakasih disampaikan pula kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Kami berharap semoga buku ini dapat membuka wawasan dan bermanfaat bagi pembaca. Saran dan kritik dari pembaca sangat kami harapkan untuk perbaikan buku ini di masa mendatang.


Makassar, Juni 2008
 Tim Penulis

0 komentar:

Posting Komentar